Description
|
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Konsep Pendidikan Akhlak menurut Syekh Ibnu Athaillah As-Sakandari. 2) Tujuan Pendidikan Akhlak menurut Syekh Ibnu Athaillah As-Sakandari, dan 3) Nilai-nilai Pendidikan Akhlak menurut Syekh Ibnu Athaillah As-Sakandari.Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif-analisis. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan atau dokumentasi. Setelah melakukan analisis data, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Syekh Ibnu Athaillah As-Sakandari berpendapat bahwa akhlak merupakan sifat manusia yang terdidik. 2) Syeikh Ibnu Athaillah As-Sakandari menegaskan tujuan pendidikan akhlak adalah agar peserta didik dapat mencapai Arifin, Siddiqin, Ihsan, Syukur, Zuhud, Raja, Khauf dan Ma’rifat Kepada Allah Swt. 3) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam Al-Hikam di antaranya, keluar dari sifat manusia yang merusak, memilih teman yang baik, memberikan nasihat baik kepada semua orang, menjauhi hawa nafsu, bertutur kata yang baik, mendalami hakikat ilmu, berpikir, bersyukur, berdoa, selalu mengingat Allah Swt, bersandar pada sifat Rububiyyah (Ketuhanan), mempelajari alam semesta, raja’ dan khauf kepada Allah Swt, istiqamah dalam kebaikan, dan mencintai Allah dan berma’rifat kepada-Nya. (2018-05-23)
|
Notes
|
Ad-Dimsyaqi, Syekh Muhammad Jamaluddin al-Qasami. (tt) Terjemah Mau’idhatul Mu’minin, Bimbingan Orang-orang Mu’min, CV Asyifa. Al-Nawawi. t.t. Riyadz al-shalihin. al-Kitab al-Arabiyah, Daru Ilmi’ Indonesia. Athiyah Al-Abrasyi, (1993). Dasar-dasar pokok pendidikan islam, (terj) Bustari A Ghani Bakri, Bulan Bintang, Jakarta Bayrakli, Bayraktar, (2004). Prinsip dan Metode Pendidikan Islam. Jakarta. Departemen Agama. (1989) Al-Qur'an dan Terjemahnya, Mahkota, Surabaya. M. Yatimin, Abdullah. (2006) Studi Akhlak dalam Perspektif Al-Quran, PT. Rajagrafindo Persada, Jakarta. Sihab, M. Qurais, (2008). Lentera Al-Qur’an Kisah dan Hikmah Kehidupan, Mizan, Bandung. ……………….(2000). Tafsir al-Misbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Qur’an. Lentera Hati, Bandung. Sugihartono dkk. (2007). PsikologiPendidikan, UNI Press, Yogyakarta.
|