Dataset Persistent ID
|
hdl:20.500.12690/RIN/UGR0CN |
Publication Date
|
2018-03-08 |
Title
|
Laboratorium Alam Tanaman Sebagai Model Pembelajaran Berbasis Pendekatan Lingkungan: Studi Kasus di Kecamatan Cisarua, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat
|
Author
|
Handayani, Tri (Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor)
|
Contact
|
Use email button above to contact.
Handayani, Tri (Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor)
|
Description
|
Proses pembelajaran dapat dilakukan baik di dalam maupun di luar kelas. Pembelajaran yang dilakukan di luar kelas pada umumnya memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai fasilitasnya. Cara ini dapat menghilangkan kejenuhan dan menanamkan rasa cinta terhadap lingkungan. Laboratorium alam tanaman merupakan salah satu model lingkungan yang dapat dimanfaatkan untuk proses pembelajaran. Telah dibuat laboratorium alam tanaman buah-buahan lokal di tiga sekolah dasar yaitu SDN Cikoneng, SDN Kopo 3 dan SDN Gunung Mas yang terletak di Kecamatan Cisarua, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Tujuannya adalah mengajak siswa mengenali dan memecahkan masalah lingkungan, mempelajari tanaman (organ tanaman, perbanyakan tanaman dan pelestarian tanaman). 1000 pohon tanaman buah-buahan lokal ditanam di laboratorium alam tersebut. Perpaduan belajar di dalam dan luar kelas ternyata mampu menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Hasilnya siswa lebih mudah memahami pelajaran Sains dan PLH. Selain itu siswa dapat melakukan berbagai aspek penelitian yang berkaitan dengan tanaman.
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan & Saintec, 2013. FKIP UMS Surakarta, Vol 1. Hal. 228-236
ISSN 2338-9478
(2013)
|
Subject
|
Medicine, Health and Life Sciences
|
Keyword
|
Jawa Barat
Kabupaten Cianjur
Kecamatan Cisarua
Laboratorium alam
Lingkungan
Model pembelajaran
Tanaman buah-buahan
|
Depositor
|
Puspita, Meilia
|
Deposit Date
|
2018-02-18
|